Pilihan Metode Sunat Tanpa Rasa Sakit
Pilihan Metode Sunat Tanpa Rasa Sakit
Jum'at, 12 Juli 2024 10:21 WIB | 99 views

Sunat merupakan tindakan penting untuk menjaga kebersihan organ uro-reproduksi dan mengurangi risiko infeksi menular seksual. Sebelum melakukan sunat, sangat penting untuk memilih metode yang tepat untuk meminimalkan rasa sakit. Jadi, apa saja metode sunat yang tidak sakit dan di mana bisa mendapatkannya?


Berikut ini dilansir dari laman Siloam Hospitals penjelasan mengenai metode sunat tanpa rasa sakit serta layanan kesehatan yang menyediakannya.


Pentingnya Melakukan Sunat

Sunat, atau sirkumsisi, adalah prosedur medis yang melibatkan pengangkatan kulup atau kulit kepala penis. Prosedur ini penting untuk menjaga kebersihan organ reproduksi dan mencegah berbagai penyakit, seperti:

  • Penyakit menular seksual, seperti sifilis atau herpes.

  • Fimosis, yaitu kondisi medis di mana kulup menempel pada ujung penis.

  • Infeksi saluran kemih.

  • Kanker penis.


Memilih Metode Sunat dengan Anestesi Lokal atau Total

Sebelum sunat, dokter akan memberikan anestesi untuk mengurangi rasa sakit selama prosedur. Ada dua jenis anestesi yang dapat digunakan, yaitu anestesi lokal dan anestesi total. Berikut penjelasannya:


Kondisi yang Memerlukan Anestesi Lokal

Anestesi lokal adalah pembiusan yang dilakukan pada area tertentu sebelum prosedur pembedahan untuk menghilangkan rasa sakit di area tersebut. Sunat dengan anestesi lokal biasanya dilakukan pada pasien dewasa dan anak-anak yang sudah bisa diajak berkomunikasi dengan baik karena mereka lebih mampu mengontrol emosi dan gerakan selama prosedur. Pasien dengan anestesi lokal dapat pulang segera setelah sunat selesai.


Kondisi yang Memerlukan Anestesi Total

Anestesi total membuat pasien tertidur selama prosedur, sehingga tidak merasakan sakit. Metode ini sering digunakan pada anak-anak yang memiliki kondisi tertentu, seperti alergi terhadap obat bius lokal atau sangat cemas. Namun, anestesi total dapat menimbulkan efek samping seperti mual, muntah, menggigil, dan gangguan berkemih.


Lakukan Sunat Tanpa Rasa Sakit di Rumah Sakit Terbaik

Siloam Hospitals menawarkan paket sunat yang dapat dipesan secara praktis melalui layanan medical check-up. Di Siloam Hospitals, prosedur sunat dilakukan oleh dokter spesialis bedah umum dan urologi yang terpercaya, sehingga tidak perlu khawatir.



Ilustrasi Sunat Tanpa Rasa Sakit (Foto: teksomolika/Freepik)



Berikan Komentar Via Facebook