5 Tips untuk Mengatasi Anak Sulit Berpisah dari Orang Tua Saat Baru Sekolah
5 Tips untuk Mengatasi Anak Sulit Berpisah dari Orang Tua Saat Baru Sekolah
Selasa, 16 Juli 2024 11:03 WIB | 57 views

Apakah anak Anda sudah mulai kembali ke sekolah? Pada hari pertama sekolah, biasanya anak akan merasa gugup dan tidak ingin berpisah dengan orang tua.

Setelah liburan panjang, anak-anak sering merasa cemas saat harus kembali ke sekolah, terutama bagi mereka yang baru pertama kali masuk sekolah. Mereka mungkin akan membayangkan seperti apa guru dan teman-teman barunya. Selain itu, anak mungkin juga mengalami kesulitan beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Ketika anak mengalami hal ini, penting untuk tidak mengabaikannya. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membantu anak mengatasi perasaan tidak ingin berpisah ini.


Berikut dirangkum oleh HaiBunda dari laman Today adalah beberapa tips yang dapat membantu mengatasi anak yang sulit berpisah saat baru sekola:


1. Bicarakan Sebelum Sekolah

Diskusikan dengan anak mengenai apa yang akan mereka hadapi di sekolah baru. Ceritakan tentang aturan dan guru-guru yang akan mengajar mereka. Sesuaikan pembicaraan ini dengan usia anak sehingga mereka bisa lebih mengerti. Semakin muda usia anak, semakin lambat Anda memperkenalkan sekolah kepada mereka.


2. Perhatikan Perasaan Anak

Dengarkan apa yang ingin anak katakan tanpa memaksa mereka untuk berbicara. Beritahu anak bahwa meskipun mereka gugup pada hari pertama sekolah, mereka bisa menghadapinya dengan dukungan dari Anda.


3. Biarkan Anak Membawa Benda Kesayangan

Jennifer Miller, konsultan keluarga dan pendidikan, menyarankan agar orang tua mengizinkan anak membawa benda yang membuat mereka merasa nyaman ke sekolah, seperti syal, sapu tangan, dan lain-lain.


4. Buat Rutinitas

Jadwal sekolah yang tidak teratur bisa membuat anak lebih lama beradaptasi. Meskipun anak hanya bersekolah dua hari dalam seminggu, coba tetapkan rutinitas sekolah bahkan selama liburan. Rutinitas ini bisa membantu anak dalam menjalani jadwal harian dan menenangkan mereka.


5. Jujur pada Anak

Anda mungkin tidak memiliki semua jawaban atas pertanyaan anak atau tahu persis seperti apa suasana sekolah mereka nanti. Meski begitu, akui saja hal ini dan jangan berbohong kepada mereka. Kejujuran akan dihargai oleh anak.


Semoga tips ini bermanfaat dan membantu anak Anda menghadapi hari pertama sekolah dengan lebih baik.



Ilustrasi Ruang Kelas (Foto: Freepik)



Berikan Komentar Via Facebook