5 Tips Merencanakan Staycation Seru untuk Liburan Sekolah Bersama Anak
5 Tips Merencanakan Staycation Seru untuk Liburan Sekolah Bersama Anak
Selasa, 02 Juli 2024 10:45 WIB | 85 views

Merencanakan liburan sekolah bersama anak? Selain berwisata ke luar kota, staycation bisa menjadi pilihan menarik. Staycation adalah liburan yang dilakukan di dalam kota atau area sekitar tempat tinggal dengan menginap di hotel.

Menurut travel influencer Rani Dilla, staycation bisa menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan libur sekolah, terutama bagi yang ingin liburan tanpa repot. Persiapan staycation lebih singkat dan efisien dibandingkan liburan ke luar kota.


"Staycation itu cocok buat Bunda yang introvert dan enggak mau ribet. Sama dengan liburan ke luar kota, staycation juga bisa menjadi momen intim untuk menciptakan waktu berkualitas dengan anak," kata Rani dalam Live Instagram bersama RedDoorz Indonesia.

Namun, sebelum memutuskan untuk staycation, persiapan yang matang perlu dilakukan agar momen bersama Si Kecil tetap bermakna. Berikut dilansir dari laman HaiBunda adalah 5 tips untuk staycation yang asyik bersama anak dari Bunda Rani:


1. Persiapkan Bujet

Hal pertama yang perlu disiapkan adalah bujet. Meskipun hanya di satu kota, tetap penting untuk menabung dan mempersiapkan anggaran.

"Kalau dari aku lebih baik bujet sedikit-sedikit tapi di buat pos untuk traveling. Jadi sedikit-sedikit, tapi bisa sering traveling-nya, dan pasti pilih yang bujet-nya yang lumayan terjangkau," kata Rani. Juga, pertimbangkan bujet darurat untuk jajan oleh-oleh.


2. Buat Itinerary yang Terencana atau Spontan

Bunda bisa membuat rencana itinerary sejak awal dan pastikan lokasi yang akan dikunjungi berada di satu area. Namun, rencana spontan juga bisa diterapkan jika terjadi hal tak terduga.

"Itinerary bisa direncanakan dari rumah. Tetapi kadang kalau bawa anak suka ada hal tak terduga terjadi, tapi bisa juga dibikin spontan," ujar Rani.


3. Cari Tempat Staycation yang Ramah untuk Keluarga

Pilih hotel dengan fasilitas lengkap seperti playground atau kolam renang. Pastikan hotel yang dipilih nyaman dan bersih untuk kenyamanan anak.


4. Cari Tempat Staycation yang Strategis

Pilih hotel yang dekat dengan taman, minimarket, atau warung. Menurut Rani, hotel yang strategis memudahkan jika anak tiba-tiba rewel di dalam hotel. Pertimbangkan juga menginap di lebih dari satu hotel dalam satu kota untuk eksplorasi yang lebih seru.


5. Jelaskan Rencana Staycation ke Anak

Sebelum pergi, jelaskan rencana staycation dengan detail kepada anak agar mereka tahu apa yang diharapkan. Jelaskan juga fasilitas yang tersedia di hotel untuk menyesuaikan ekspektasi mereka.


Demikian tips untuk merencanakan staycation seru bersama anak selama libur sekolah. Semoga informasi ini bermanfaat!



Ilustrasi Ayah traveling bersama anak (Foto: Anchiy/Getty Images)



Berikan Komentar Via Facebook