5 Metode Efektif untuk Mengajarkan Anak Berinternet dengan Bijak dan Sehat
5 Metode Efektif untuk Mengajarkan Anak Berinternet dengan Bijak dan Sehat
Jum'at, 26 Juli 2024 11:38 WIB | 71 views

Teknologi yang berkembang pesat membuat anak-anak terpapar internet sejak dini. Namun, penting bagi orang tua untuk mengajarkan penggunaan internet yang sehat dan cerdas kepada anak.

Meski internet memudahkan akses informasi, orang tua harus memastikan keakuratan sumber informasi untuk menghindari penyebaran hoaks. Internet juga menjadi sumber hiburan bagi banyak orang, termasuk anak-anak. Namun, tidak semua konten internet baik untuk anak-anak.

Berikut dilansir dari laman HaiBunda adalah cara untuk mengajarkan anak berinternet dengan bijak:


1. Ketahui batasan waktu layar anak

Para ahli menyarankan bahwa anak di atas dua tahun tidak boleh memiliki waktu layar lebih dari dua jam per hari. Anak di bawah dua tahun sebaiknya tidak diberikan screen time, kecuali untuk panggilan video yang interaktif.


2. Awasi penggunaan komputer dan gadget

Pastikan anak menggunakan komputer atau gadget di ruang bersama seperti ruang keluarga, sehingga aktivitas online mereka mudah dipantau.


3. Periksa riwayat pencarian anak

Orang tua bisa memeriksa situs web yang dikunjungi anak dan menggunakan perangkat lunak penyaring untuk memblokir konten yang tidak sesuai.


4. Komunikasi secara terbuka

Diskusikan keamanan internet dengan anak dan jelaskan jenis situs yang boleh dan tidak boleh mereka kunjungi. Ajarkan juga cara menangani ancaman atau pelecehan online.


5. Pahami tentang internet

Orang tua perlu memahami teknologi internet agar dapat menetapkan aturan yang efektif. Luangkan waktu untuk memeriksa situs yang dikunjungi anak.


Semoga informasi ini bermanfaat bagi orang tua dalam mengajarkan anak berinternet dengan cerdas dan sehat.



Ilustrasi Anak Bermain Gadget (Foto: Racool_studio/Freepik)



Berikan Komentar Via Facebook