3 Tips Menyiapkan Mental Orang Tua dan Anak Menghadapi Hari Pertama Sekolah Menurut Psikolog
3 Tips Menyiapkan Mental Orang Tua dan Anak Menghadapi Hari Pertama Sekolah Menurut Psikolog
Jum'at, 05 Juli 2024 10:39 WIB | 90 views

Setelah lulus dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), anak-anak akan melanjutkan pendidikan ke jenjang Sekolah Dasar (SD). Sebelum memasuki sekolah, orang tua perlu mempersiapkan mental untuk menghadapi hari pertama sekolah.

Hari pertama sekolah adalah awal semester baru bagi anak. Orang tua perlu mengantarkan anak untuk mengenal lingkungan belajar mereka.

Biasanya, pada hari pertama sekolah, anak-anak tidak langsung belajar. Mereka diberi kesempatan untuk mengenal sistem pembelajaran dan teman-teman baru mereka.

Meskipun terlihat sederhana, baik anak maupun orang tua membutuhkan persiapan mental. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan?


Tips Menyiapkan Mental Orang Tua dan Anak pada Hari Pertama Sekolah

Psikolog Anak sekaligus Parenting Coach, Irma Gustiana, memberikan beberapa tips untuk menyiapkan mental pada hari pertama sekolah. Berikut rangkuman tipsnya:


1. Ceritakan tentang Lingkungan Sekolah kepada Anak

Anak-anak sering merasa gugup menghadapi hari pertama sekolah dan bertanya-tanya tentang apa yang akan mereka temui.

Orang tua bisa menceritakan tentang lingkungan sekolah dan guru-guru yang ada kepada anak, sehingga mereka memiliki gambaran tentang sekolah.

"Pertama untuk anaknya dulu, ini penting banget. Yang pertama adalah menceritakan hal-hal apa saja yang nanti akan ditemui di sekolah," tutur psikolog yang akrab disapa Ayank Irma saat diwawancarai HaiBunda, baru-baru ini.

"Misalnya ada playground-nya, guru-guru yang ramah, teman-teman yang menyenangkan, ini perlu diceritakan," lanjutnya.


2. Periksa Kemampuan Dasar Anak

Anak-anak yang memasuki SD perlu memiliki berbagai kemampuan dasar, baik akademik maupun sosial.

Psikolog Ayank Irma menyarankan orang tua untuk memeriksa kemampuan anak terkait kemandirian dan kebersihan.

"Orang tua juga perlu untuk bisa mengecek kemampuan dasar yang dimiliki oleh si anaknya terutama yang berhubungan dengan kemandirian. Misalnya saja menyiapkan buku-buku, kemudian juga terkait dengan makan, minum, keterampilan-keterampilan dasar berhubungan dengan toilet dan sebagainya. Ini penting banget untuk dicek dan dimaksimalkan," jelasnya.


3. Kunjungi Sekolah Calon Anak

Orang tua bersama anak dapat mengunjungi sekolah terlebih dahulu sebelum hari pertama sekolah. Hal ini membantu anak mengenal lingkungan dan tata letak sekolah.

"Lalu sebelum masuk sekolah, penting sekali juga untuk datang ke calon sekolahnya sehingga si anak punya gambaran mengenai sekolahan ini dan bagaimana lingkungannya," papar Ayank.

"Misalnya orang tua bisa menunjukkan di mana toiletnya, di mana ruang gurunya, di mana playground-nya. Ini membuat anak terasa lebih aman dan nyaman dalam rangka proses transisi dari sekolah PAUD atau TK menuju ke sekolah dasar," tambahnya.


Demikian tips menyiapkan mental sebelum hari pertama sekolah. Semoga bermanfaat!



Ilustrasi Ruang Kelas (Foto: tiero/Getty Images/iStockphoto)



Berikan Komentar Via Facebook